April 16, 2008

Bazar


BAZAR SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN
Jum’at, 15 Februari 2008

Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan menyenangkan (PAKEM) merupakan proses belajar yang harus didapatkan oleh anak didik di sekolah. Untuk sampai pada proses tersebut pembelajaran dirancang dengan menarik agar tercapai kecakapan hidup (life skill) yang dapat dikembangkan oleh anak didik sejak usia dini.
Tema tempat umum merupakan salah satu tema dari pembelajaran tematik kelas III yang kami buat secara aktif, kreatif dan menyenangkan. Melalui Bazar siswa terasah untuk belajar secara aktif mengembangkan kemampuan berkreasi dengan menghubungkan pikiran, perasaan, pengetahuan dan sikap. Sehingga mereka bisa berkreasi secara optimal.
Kegiatan Bazar merupakan implentasi dari mata pelajaran IPS dengan materi pembelajaran “Kegiatan Jual beli”. Kegiatan ini bertujuan memberikan
pengalaman secara langsung kepada anak didik untuk menjadi seorang pedagang karena pengalaman ‘berdagang’ belum tentu ia dapatkan di rumah atau di tempat lain. Sementara pengalaman sebagai pembeli telah mereka dapatkan secara langsung dalam kehidupan sehari- hari.
Banyak hal yang diperoleh dari pembelajaran tersebut, antara lain ialah melatih kesabaran ketika belum ada yang membeli produknya, belajar berkomunikasi dengan dengan baik saat mempromosikan barang dagangannya, melayani pembeli dengan santun, sampai pada menentukan jumlah kembalian serta menghitung keuntungan atau kerugian yang ia peroleh.
Seluruh siswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias yang tinggi, mereka mempersiapkan produk- produk yang mereka jual berupa makanan ringan, alat- alat sekolah dan aneka aksesoris anak, berkat dukungan dari orang tua dan berbagai pihak bazaar ini berlangsung cukup sukses. Kegiatan ini juga mendapat perhatian dari PPA(Pusat Pengembangan Akademik), Pimpinan Sekolah, BMOG, guru- guru dan siswa dari kelas- kelas lain, hal ini juga berkat promosi melalui brosur- brosur yang telah mereka sebarkan dua hari sebelum pelaksanaan bazaar. (Justmine)

Tidak ada komentar: