Agustus 29, 2008

Konsep Dasar Pendidikan, Tantangan Bagi Guru masa Depan

Oleh :Mohammad Fakry Gaffar

Universitas Pendidikan Indonesia

KONSEP DASAR PENDIDIKAN

Hakekat manusia sebagai ciptaan Allah memiliki karakteristik khusus yang memiliki :

  • Fisik
  • Psikologis
  • Potensi untuk tumbuh dan berkembang

Sehingga manusia- manusia tersebut memerlukan pendidikan dengan memiliki akal sebagai potensi intelektual, EI, SQ

Potensi- potensi yang dimiliki oleh setiap manusia ialah :

  • Intelektual
  • Emosional
  • Phisical
  • Spiritual
  • Motivasi
  • Potensi- potensi tersebut yang akan tumbuh dan berkembang seiring dengan terpenuhinya kebutuhan hidup manusia, maka sebagai tantangan hidup yang antara lain ialah :
  • Ekonomi
  • Sosial kultur
  • Kemanusiaan
  • Politik dan keamanan
  • Spiritual
  • Emosional
  • Pendidikan

MANUSIA & PENDIDIKAN


MANUSIA


TUMBUH & BERKEMBANG


POTENSI


PENDIDIKAN



Makna Pendidikan :

1. Pendidikan adalah melakukan suatu proses pendidikan agar manusia dapat

berubah perilakunya setelah melalui proses pendidkan sehingga

berkembang menjadi tumbuh dan optimal sesuai dengan potensi yang

dimiliki oleh manusia tersebut.

2. Pendidikan adalah proses membentuk, membantu dan membimbing serta

mengarahkan segenap potensi dan perilaku untuk menjadi matang dan

sempurna

3. Esensi Pendidikan

Dalam proses pembelajaran tidak seharusnya memposisikan peserta

didiksebagai pendengar ceramah guru, tetapi harus diberdayakan agar mampu :

Learning


Learning to know


Learning to Do


Learning to be


Learning to live together in peace and harmoni


Organization Chart

1. Learning to know, peserta didik di ajak untuk mampu membangun pemahaman dan pengetahuannya terhadap dunia di sekitarnya sehingga mereka mampu mengetahui dan membangun dirinya dari proses belajar yang ia peroleh di sekolah

2. Learning to do, Siswa mau dan mampu berbuat untuk memperkaya

pengalaman belajarnya dengan meningkatkan interaksi dengan

lingkungannya baik lingkungan fisik, sosial maupun budaya.

3. Learning to be, Siswa diharapkan untuk mampu membangun pengetahuan dan kepercayaan dirinya dari hasil interaksi dengan lingkungannya

Learning to live together in peace,Kesempatan beerinteraksi dengan individu atau kelompok yang bervariasi akan membentuk kepribadiannya untuk memahami kemajemukan dan melahirkan sikap- sikap positif dan toleran terhadap keanekaragaman dan perbedaan hidup.

F Learning

  1. Proses Learning

a. Instrumental inputb.

b. Raw input

c. Invironmental input

d. Output

2. Learning components

a. Murid

b. Guru

c. Kurikulum

d. Fasilitas

e. Sumber daya

f. Manajemen

g. Leadership

h. Quality control

i. Evaluasi

  1. Lingkungan belajar

  • Keluarga
  • Sekolah
  • masyarakat


  1. What to learn
  • Values
  • Knowledge
  • Transferable skills

5. How to learn, guru , teaching strategies, output

GURU SEBAGAI PROFESI:
Tantangan Bagi Masa Depan Guru

POTENSI PESERTA DIDIK

Potensi tumbuh dan berkembang

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi berbagai faktor dari lingkungan

Pendidikan mempengaruhi dan membentuk peserta didik secara serasi, seimbang, sempurna dan total.

TUGAS POKOK GURU

Membantu, membimbing dan mengarahkan pertumbuhan peserta didik secara sistematis dan komprehensif.

Memotivasi peserta didik untuk belajar secara kreatif.

Mengajar peserta didik dengan berbagai ilmu pengetahuan.

Menanamkan nilai perilaku mulia.

Membangun watak dan kepribadian.

Menumbuhkan nilai sosial dalam perilaku peserta didik.

PERSYARATAN PROFESI GURU

ILMU PENDIDIKAN

Learning strategies

Philosophies

Pengembangan kurikulum

Educational technology

ICT : Aplikasi dalam PBM

PSIKOLOGI

Teori Belajar

Development Technology

Sociology

Anthropology

Science

PENDIDIKAN PROFESI

Kelanjutan pendidikan S1

Fokus pada proses belajar mengajar

Konteks manajemen sekolah

Aplikasi ICT

Pengembangan model-model mengajar

PBM Action Researches

AREA STRATEGIK KOMPETENSI GURU

  1. Bidang Pedagogik

Memahami dengan baik-baik dan ciri-ciri peserta didik yang tumbuh dan berkembang terus menerus.

Memahami potensi-potensi anak didik dan cara membantu mengembangkan dengan serasi, seimbang dan total.

Memahami teori belajar termasuk didalamnya bagaimana proses belajar itu terjadi dan bagaimana setiap anak memiliki karakteristik khusus yang tidak sama.

Menguasai berbagai model dan strategi pembelajaran sehingga murid betul-betul belajar dengan efektif dan kreatif.

Menguasai cara-cara menerapkan ICT dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran berjalan dengan efektif.

Menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar yang dipergunakan sebagai medium of instruction yang efektif.

    1. Menguasai bagaimana pendekatan pedagogik dalam setiap menghadapi permasalahan pembelajaran yang melibatkan peserta didik.
    2. Menguasai bagaimana merancang proses belajar mengajar yang komprehensiv yang mencakup berbagai unsur yang diperlukan dalam suatu proses pembelajaran yang produktif.
    3. Menguasai bagaimana menilai kemajuan belajar peserta didik secara total.
    4. Menguasai bagaimana membimbing anak bila menghadapi persoalan dalam pembelajaran.
    5. Menguasai prinsip dan proses bagaimana mengelola proses belajar mengajar termasuk mengelola kelas sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif dan hidup serta memungkinkan terjadinya dan tumbuhnya kreativitas anak dalam pembelajaran.
  1. Bidang Kepribadian

1. Memiliki komitmen dan kemauan tinggi dalam melakukan tugasnya sebagai guru profesional.

2. Memiliki rasa kasih sayang kepada peserta didik tanpa membeda bedakan.

3. Memiliki rasa tanggung jawab yang kokoh dalam melaksanakan fungsinya sebagai guru.

Berakhlak mulia.

  1. Bidang Profesional

1. Menguasai substansi atau materi atau isi teaching subjects atau mata pelajaran yang menjadi bidang keahlian

2. Menguasai learning equipment dan learning resources yang diperlukan dalam proses belajar mengajar.

3. Menguasai bagaimana mengolah learning resources dari lingkungan hidup sehingga dapat dipergunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

4. Menguasai bagaimana menerapkan teknologi informasi dalam upaya meningkatkan efektivitas belajar anak.

5. Menguasai bagaimana menyusun rencana pelajaran yang mengemas isi, media teknologi dan values dalam setiap proses pembelajaran.

  1. Bidang Sosial

1. Memahami berbagai faktor yang berpengaruh dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung proses pembelajaran.

2. Mengerti berbagai faktor sosial-kultural dan ekonomi yang berpengaruh terhadap proses pendidikan peserta didik.

3. Memahami pentingnya hubungan antara sekolah dengan orang tua dan tokoh masyarakat yang berpengaruh terhadap proses pendidikan anak disekolah secara langsung atau tidak langsung.

4. Mengerti nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dan dijunjung tinggi oleh masyarakat yang merupakan pegangan hidup, yang memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan watak dan kepribadian peserta didik.

5. Memahami pendekatan-pendekatan yang diterapkan disekolah untuk menarik masyarakat untuk berperan serta dalam pendidikan putra-putri mereka disekolah sesuai dengan kapasitas dan fungsi mereka.

PENGAKUAN DAN PENGHARGAAN

Guru sebagai profesi: UU Guru

Sistem insentif tersendiri yang layak dan bermartabat

LPTK menempati prioritas tinggi dalam pengembangan

Tidak ada komentar: